Thursday , 18 December 2014
update
You are here: Home » Cilacap » Tahun Ini PDAM Targetkan 4.004 Pelanggan Baru
Tahun Ini PDAM Targetkan 4.004 Pelanggan Baru

Tahun Ini PDAM Targetkan 4.004 Pelanggan Baru

Bupati-dan-Wabup-meninjau-ruangan-gedung-baru-PDAM

Cilacap ASPIRASI – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wijaya Cilacap, mulai Kamis (27/6) menempati gedung baru yang representatif. Peresmian penggunaan gedung baru tersebut dilakukan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam satu acara di kompleks PDAM Cilacap.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Muspida, Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto, para Kepala SKPD, Direktur PDAM Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegera, dan Tasikmalaya, serta undangan lain.

Direktur Utama PDAM Tirta Wijaya Cilacap, Ir Bambang Riyadi MM mengatakan, pembangunan gedung kantor baru PDAM Cilacap menelan biaya Rp 4,277 miliar, menggantikan gedung lama yang sudah berumur 33 tahun.

Ditambahkan, hingga Maret 2013 jumlah pelanggan PDAM Cilacap sebanyak 60.077 sambungan rumah dengan cakupan pelayanan teknis 31,36 persen.

Dari 24 Kecamatan se-Kabupaten Cilacap, 20 diantaranya sudah terlayani jaringan PDAM. Sedang empat kecamatan yang belum terjangkau jaringan PDAM antara lain Binangun, Dayeuhluhur, Karangpucung, dan Kampung Laut.

Untuk menjangkau empat kecamatan tersebut, kata Bambang, Pemerintah Pusat melalui Direktif Presiden akan membangun instalasi pengolahan air (IPA) berkapasitas 2 kali 15 liter per detik di Gunung Kapitan dengan sumber air baku diambil dari Rawa Bendungan untuk melayani Kecamatan Kampung Laut.

Sedangkan untuk menjangkau Kecamatan Binangun, Pemerintah Pusat mendapat hibah dari Pemerintah Hungaria berupa IPA 50 liter per detik yang akan dibangun di Kroya pada 2014.

Bambang juga menjelaskan, laba perusahaan sebelum diaudit dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, yakni pada tahun 2010 laba perusahaan mencapai Rp 6,760 miliar, tahun 2011 mencapai Rp 7,073 miliar, dan tahun 2012 mencapai Rp 8,480 miliar.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyatakan, dengan keberadaan gedung baru diharapkan akan mampu membawa perubahan yang positif terhadap kualitas pelayanan PDAM kepada pelanggan.

Menurut Bupati, tugas pokok PDAM adalah menyelenggarakan pengelolaan air minum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup aspek ekonomi, kesehatan social, dan pelayanan umum.

Kepada jajaran PDAM Tirta Wijaya, Bupati minta agar PDAM terus melakukan upaya-upaya untuk menekan tingkat kebocoran air minum sesuai dengan batas toleransi yang ditentukan.

Usai peresmian, kepada wartawan, Bambang Riyadi mengatakan, tahun 2013 ini PDAM Cilacap dipastikan menambah sekitar 4.004 pelanggan baru karena adanya sejumlah program yang diterapkan, yaitu meningkatkan pelayanan seperti pembangunan di berbagai wilayah.

Program tersebut diwujudkan melalui peningkatan kapasitas instalasi pengolahan air di wilayah Menganti untuk dialirkan ke wilayah Sidareja dan sekitarnya, pengerjaan optimalisasi sistem penyedia air minum (SPAM) di wilayah Wanareja, program direktif presiden, dan program minapolitan.

Dijelaskan, dalam program optimalisasi SPAM Wanareja yang sudah terdapat pengolahan air, tinggal pemasangan jaringan untuk perluasan. Dari pemasangan ini menggunakan pipa berukuran 300 mili dan 75 mili.

“Jika terwujud, dari pengolahan air Wanareja akan terakomodir sekitar 1.000 pelanggan sambungan rumah yang mencakup desa-desa di Kecamatan Wanareja, yakni Desa Sidamulya, Adimulya, dan Wanareja,” katanya, Kamis (27/6).

Untuk peningkatan kapasitas instalasi pengolahan air di Menganti yang dialirkan ke wilayah Sidareja dan sekitarnya, ditargetkan selesai menjelang Lebaran dengan sasaran 10.000 pelanggan baru.

Selanjutnya, program direktif presiden dengan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) berkapasitas 30 liter per detik serta bangunan pelengkapnya.

Dengan pemasangan  jaringan pipa 300 mili dan 400 mili, sejumlah desa di Kecamatan Jeruklegi, Kampung Laut, dan Kawunganten akan terlayani air bersih dengan lebih optimal, yakni Desa Brebeg, Grugu, Kawunganten, Bojong, Kubangkangkung, dan Ujungmanik.

Untuk program ini dipastikan akan ada 3.500 sambungan rumah baru dari tiga kecamatan.

Peningkatan jumlah pelanggan berikutnya berasal dari program minapolitan dengan adanya pemasangan jaringan pipa di seluruh TPI.

Pada program ini sasarannya adalah masyarakat nelayan dan ditarget akan ada 2.000 sambungan rumah baru.

Program lainnya untuk pemasangan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tahun 2013 ada 1.500 sambungan serta 500 sambungan yang merupakan program hibah dari pemerintah Australia.

Di program ini PDAM menargetkan 2.302 unit sambungan rumah.

“Kami yakin target 4.004 pelanggan baru tahun ini akan mudah kami dapatkan dengan sejumlah peningkatan layanan yang kami lakukan,” pungkasnya. (estanto@tabloidaspirasi.com)

Incoming search terms:

  • dirut Pdam cilacap
  • loker PDAM jeruklegi
  • loker PDAM sidareja 2014
  • lowongan kerja di PDAM wanareja
  • loWongan kerja dikecAmatAn wanareja
  • pdam kecamatan banyumas pelanggan baru
  • pdam tirta wijaya cilacap
  • PDAM Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap
  • pelanggan pdam banyumas

Balas

Your email address will not be published. Harus diisi *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top